Senin, 02 September 2013

Gudang PT. KAI Cikudapateuh Bandung : Pesona Historikal yang Terpendam



Saya rasa tak banyak orang yang tahu bahwa PT. Kereta Api Indonesia memiliki sebuah gudang persediaan di daerah Cikudapateuh, Bandung. Tentu saja siapa mau perduli dengan sebuah gudang, namun di balik nama sebuah gudang, gudang persediaan Cikudapateuh merupakan tempat yang unik dan bersejarah, sudah berdiri dari sejak jaman penjajahan Belanda, hal itu yang membuat bangunan-bangunan di dalamnya berarsitektur klasik.

Dan tentunya namanya gedung-gedung antik sudah lekat juga dengan image seram, dan memang beberapa tempat yang rusak seperti kaca pecah, lumut, kursi-kursi reyot yang tercabik dijamin membuat anda malas untuk kesini di malam hari, lagipula ngapain juga?haha

 Selain ruang-ruang gudang yang menyeramkan ada juga gerbong Kereta Api pertama kali yang tentunya sudah tidak beroperasi,antik dan ketika memotret dalamnya yaa...persis seperti poster-poster film horror, 2 buah meja yg sudah rusak dan sebuah kursi yang reyot di atas lantai yang sudah karatan. Namun tempat-tempat seperti inilah yang jadi daya tarik para penghobi fotografer tentunya,hehe
di balik beberapa bangunan yang kondisinya sudah tidak bagus lagi, tempat ini juga punya kesan yang indah kok, tanaman-tanaman yang tumbuh dengan liar dan beberapa tembok yang dilukis oleh grafiti, memberikan sebuah keasyikan tersendiri saat berkunjung kesana, apalagi tanah yang terhampar disini sangat luas dan menyambung ke gudang yang berada di daerah kiara condong.
Saya sendiri baru tahu Tempat ini beberapa bulan yang lalu saat itu sedang diadakan acara festival makanan tahunan keuken di area gudang ini, dan kebetulan di tempat pekerjaan saya yang sekarang, saya berkesempatan kembali untuk mengunjungi tempat ini, karena tidak mudah lho untuk masuk ke tempat ini, karena memang bangunan ini property yang dimiliki secara eksklusif oleh PT.KAI maka untuk dapat memasuki wilayahnya saja harus meminta izin terlebih dahulu kepada berbagai pihak, saya saja sampai harus di ping pong di tiga kantor PT.KAI. Dan biaya penyewaan tempat ini untuk sebuah skala acara yang besar cukup mahal, dan saya pun mengurungkan niat untuk memakai tempat ini.

2 komentar:

  1. tempatnya terlihat tidak terawat gitu ya

    BalasHapus
  2. Iyah, tapi justru dipertahankan seperti itu khasnya untuk menggelar acara-acara musik dan pameran.

    BalasHapus

Template developed by Confluent Forms LLC; more resources at BlogXpertise