Rabu, 10 Juni 2015

Bandung Caang Fest

Siapa yang tahu tanggal ulang tahun kota Bandung? Saya yakin kalau sekarang ini sudah banyak yang tahu dibanding dengan 5 atau 10 tahun yang lalu, karena sudah banyaknya bermunculan akun-akun publik penyedia informasi mengenai Bandung yang mengingatkan, termasuk saya sendiri, baru belakangan ini tahu dan sekarang ingat bahwa ulang tahun kota Bandung diperingati setiap tanggal 25 September. 

Cukup lama penduduk kota Bandung terlena dengan aktivitas kesibukannya sendiri serta di periode pemerintahan walikota sebelumnya, ulang tahun kota Bandung selalu tampak sepi dan berjalan biasa saja..kadang hanya suguhan live music yang publikasinya bahkan tak terdengar warga.

Dan pada tahun 2014 kemarin, saat kota Bandung memperingati hari jadinya yang ke 204, ingatan saya kembali pada tahun 90an dan awal tahun 2000an saat perayaan kota Bandung, terdapat acara karnaval mobil hias yang mengelilingi kota Bandung, dulu sepulang sekolah warga berduyun-duyun ke jalan untuk melihat parade tersebut, dan baru di tahun 2014 acara seperti itu kembali digelar, setiap kecamatan di kota bandung berlomba menghias kendaraan mereka menjadi unik dan sesuai dengan ciri khas kecamatan mereka, seperti kecamatan sukasari dimana terdapat Universitas Pendidikan Indonesia yang memiliki ciri khas bangunan Villa Isolanya, maka kecamatan tersebut menggunakan ciri khas tersebut untuk dihias di mobil hias mereka. Ada pula mobil hias yang berbentuk perahu, menara ataupun menampilkan jembatan pasupati.


Bedanya dengan parade mobil hias di tahun 90an, di tahun 2014 ini parade tersebut dilaksanakan di malam hari sehingga terkesan mewah dan terang benderang dihiasi lampu warna warni di sepanjang jalan, maka dari itu acara ini disebut dengan Bandung Caang Festival, "caang" yang dalam bahasa sunda artinya terang. Yang memang benar-benar rute sepanjang parade pada malam tersebut menjadi sangat terang benderang, dan juga macet tentunya karena dipenuhi warga yang ingin melihat parade serta jalan umum yang ditutup, tak hanya terang oleh mobil hias..namun terang juga oleh kendaraan pribadi dan umum yang tertahan tak bisa melewati jalan yang dilalui oleh mobil parade karena ditutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC; more resources at BlogXpertise