Rabu, 10 Juni 2015

De Syukron : Malam Bandung 1000 Lampion

Pernah melihat seribu lampion melayang di udara seperti ini? Mungkin kebanyakan pernah melihatnya di acara besar keagamaan yaitu Hari Raya Waisak di Candi Borobudur, namun pernahkah anda melihat langit malam Bandung dipenuhi oleh ribuan lampion layaknya Waisak di Borobudur.

Hal ini bisa kita lihat di acara pesta rakyat ulang tahun Provinsi Jawa Barat ke- 69 tahun 2014 lalu, di tahun-tahun sebelumnya acara pelepasan lampion belum pernah ada, yang menjadi agenda rutinitas hanyalah video mapping yang ditembakkan ke seluruh badan dari gedung ini.

Tak ayal lagi acara pelepasan lampion itu dipadati warga kota Bandung baik untuk ikut berpartisipasi menyalakan lampion, maupun sekedar nongkrong bersama teman ataupun memotret agenda acara tersebut.

Tak hanya acara-acara yang sifatnya seremonial tapi juga terdapat puluhan booth yang berisikan tennant makanan atau kerajinan tangan yang ikut berjualan tak lupa beberapa komunitas pun turut hadir memeriahkan acara.

Selama 2 hari berturut-turut ruas jalan di sekitar gedung sate ditutup, untuk mencapai lokasi para pengunjung dapat memarkir kendaraanya di spot tertentu yang sudah dipilih panitia penyelenggara, dan kemudian dapat berjalan kaki menuju lokasi acara.

Di depan ruas jalan Diponegoro yang ditutup, terdapat sebuah panggung yang disediakan untuk para penggemar wayang untuk menyaksikan aksi para dalang memainkan lakon. Pagelaran wayang tersebut diadakan oleh para seniman dari Sanggar Giri Harja, Bale Endah asuhan Dalang (alm) Asep Sunandar Sunarya.
Berbeda dengan hari pertama, hari kedua menyajikan agenda lain yang juga ditunggu para pengunjung yaitu video mapping, agenda ini sudah dilaksanakan sejak pagelaran pertama De Syukron, setiap tahunnya selalu saja ada hal berbeda yang diceritakan oleh video mapping tersebut. Video mapping ini hasil karya rumah produksi Sembilan Matahari. Bagi yang pertama mendengar video mapping tentunya bingung mengenai apa yang ditampilkan dalam video mapping.

Video Mapping adalah pertunjukkan film/video yang gambarnya tersebut diproyeksikan di sebuah gedung hingga menyerupai persis rupa gedung tersebut, dan walaupun saya sudah berkali-kali melihat video mapping, saya tetap takjub melihat video mapping ini, karena tentunya efek visual yang ditampilkan mengalami kemajuan dan inovasi, selain itu cerita yang ditampilkan tentu saja berbeda.
Tak lupa tentunya sebuah perayaan tak lengkap bila tak ditutup sebuah pesat kembang api, dan di malam langit kota bandung berpendar terang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC; more resources at BlogXpertise