Jumat, 12 Juni 2015

Taman Fotografi Bandung : Taman Tematik Foto Pertama di Indonesia

Fotonya udah ngelayang-layang aja nih, model foto ini diperagakan oleh komunitas levitasi hore Bandung, jadi mereka sudah terbiasa memeragakan foto melayang seperti ini.

Buat warga Bandung sepertinya sudah tidak asing lagi dengan huruf C besar berwarna merah ini, yak taman ini adalah taman fotografi, taman fotografi ini terletak di jalan Cempaka dan merupakan taman tematik bertema fotografi pertama di Indonesia dan taman tematik pertama di kota Bandung yang diwujudkan oleh walikota Bandung Ridwan Kamil di masa periode jabatannya, sebenarnya konsep taman fotografi ini sudah diwujudkan jauh-jauh hari bahkan di saat Kang Emil belum menjabat sebagai walikota, dimulai dengan pembentukan tim @tamanfotobdg yang dari 2 tahun sebelumnya untuk mulai merancang konsep taman ini serta mulai mengaktifkan taman ini untuk digunakan dalam kegiatan fotografi. 

Lalu, kenapa huruf C dipilih jadi ikon taman ini kenapa bukan huruf F saja atau P mungkin??
C disini melambangkan nama dari taman ini sebelumnya yaitu taman Cempaka yang juga terletak di persimpangan jalan Cempaka, dan huruf C juga disebut melambangkan kata Camera yang merupakan alat fotografi.

Ada apa saja di taman ini? Selain ornamen huruf C ini yang jadi spot paling hits untuk selfie , ada juga rangka permainan anak yang dibuat menyerupai kamera SLR.


Tak banyak orang yang sadar kalau rangka permainan anak ini berbentuk sebuah kamera, termasuk saya sendiri baru sadar ketika diberi tahu oleh pengelola taman dan melihat rangka ini dari sebelah samping, dari mulai diresmikannya taman ini di bulan Desember 2013, taman ini sudah menggelar banyak acara fotografi, salah satunya pameran fotografi karena di tempat ini terdapat juga panel-panel bertutup kaca untuk memamerkan foto sekitar ukuran maksimal 12 R. Dari mulai salah satu sekolah fotografi anak yang memamerkan hasil karyanya, kelompok fotografi mahasiswa atau bahkan hasil perlombaan foto. Tak hanya pameran foto namun acara yang pernah diselenggarakan di taman ini ada juga workshop/pelatihan fotografi, lebih menyenangkan dan santai karena diadakan di alam terbuka sambil ngampar. Kadang bila melewati tempat ini ada juga yang melakukan foto pre-weddingnya di tempat ini, serta beberapa sesi foto model dan kompetisi juga pernah dilaksanakan di tempat ini.


Dan sebenarnya setelah diresmikan pertama kali, taman ini juga sudah memiliki beberapa perubahan, diantaranya sebuah nama Taman Foto Bandung yang kini tertulis di salah satu sisi taman, kemudian ada 4 buah panel berwarna-warni yang berbentuk segi empat yang kesemua panelnya dapat diputar, tentu saja ornamen unik ini menjadi primadona baru bagi para pegiat selfie di tempat ini, meski saya sendiri belum cukup yakin apa sesungguhnya fungsi dari panel-panel berwarna tersebut hehe..

Taman ini juga memiliki empat pohon Trembesi yang sudah tumbuh besar sehingga membuat hanya dengan 4 pohon ini cukup meneduhkan hampir seluruh taman. Pohon trembesi terkenal sebagai pohon yang tumbuh besar mencapai tinggi rata-rata di atas 20 meter dan tumbuh melebar layaknya sebuah payung, daunnya yang rimbun dan dahan yang bagaikan urat nadi membuat pohon ini terlihat bagaikan hidup kokoh melindungi makhluk hidup di bawahnya, pohon ini juga terkenal dapat menyerap karbon dioksida dalam jumlah yang cukup banyak. Pohon ini sangat penting keberadaanya dan perlu diberdayakan untuk menekan polusi udara di kota-kota besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC; more resources at BlogXpertise