Jumat, 04 September 2015

Curug Malela : Pesona Tersembunyi Gunung Halu

Curug Malela terletak di daerah Bunisari, Gununghalu Kabupaten Bandung Barat. Perjalanan total menuju ke tempat ini menghabiskan waktu sekitar total 4 jam setengah (saya berangkat dari daerah kopo mas), dari muali kendaraan roda empat, lalu pindah ke kendaraan roda dua dan kemudian dilanjutkan dengan perjalanan kaki dua yang cukup melelahkan, dari kopo kami menggunakan mobil menuju arah batujajar dari jalan tembus di Taman Kopo Indah, kami berangkat pukul 7 yang sampai di dusun Bunisari pukul 9, kami istirahat sebentar di tempat tinggal salah satu teman kami di dusun selama sekitar 1 jam yang kemudian dilanjutkan ke arah curug malela, yang sampai di satu titik, jalanan menuju ke sana sudah terlalu buruk untuk dilanjutkan dengan mobil, apalagi mobil yang digunakan bukan mobil offroad.
Kemudian kami ditawari melanjutkan perjalanan menggunakan ojeg dengan membayar 40.000 rupiah untuk perjalanan bulak balik curug malela, dan menurut saya harga yang cukup pantas mengingat jalan menuju ke sana yang kondisinya cukup parah, bisa saja menggunakan motor sendiri atau mobil kesini, tapi saya jamin biaya untuk service kendaraan anda akan jauh lebih membengkak sepulang dari sini, bahkan saat kami memakai ojeg disini berbarengan, bau kopling yang cukup menyengat hidung menemani sepanjang perjalanan. Sekitar 20 menit perjalanan roda dua kita melewati gerbang yang mengharuskan kita membayar tiket masuk seharga 10.000 rupiah.
Tiba di pos masuk, ternyata motor pun sudah tidak dapat melanjutkan perjalanan menuju ke daerah curug (kecuali bilaanda menggunakan motor trail), kita harus melanjutkannya dengan berjalan kaki selama 1 jam, sungguh perjalanan yang cukup melelahkan, apalagi bagi kami yang notabenenya pegawai kantoran yang sudah cukup jarang mengalami perjalanan sepanjang ini.
30 menit berjalan lelah kami sedikit terobati dengan melihat curug tersebut dari puncak, kami sedikit berjalan cepat untuk menuju ke arah curug. Setibanya kami di curug ternyata pengunjung yang datang cukup banyak, agak sedikit kecewa karena air yang sedikit keruh. Namun memang sesuai julukannya sebagai "Niagaranya Jawa Barat", curug malela memiliki lebar yang lebih dibanding curug lainnya di Jawa Barat dan cukup deras. Karena bila kita melihat curug lain seperti Cinulang, Citambur, Cimahi, curug tersebut lebih tinggi namun lebarnya lebih kecil.
Kami menghabiskan waktu disini selama 3 Jam untuk makan, berfoto selfie dan bersantai (lebih lama di perjalanan daripada di curugnya, haha), dan memang perjalanan pulang jauh lebih berat daripada saat menuju curug, karena pastinya perjalanan pulang kita menanjak dan setelah berisitirahat kembali di kampung bunisari, kita melanjutkan perjalanan dan baru sampaijam 7 malam di kopo mas. Dan menurut saya untuk melakukan perjalanan ini, pastikan dulu keesokan hari tidak masuk kerja, karena setelah perjalanan ini dan keesokannya harus bekerja cukup berat bagi para pegawai,minimal mesti istirahat sehari penuh!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Template developed by Confluent Forms LLC; more resources at BlogXpertise