Senin, 23 Mei 2016

Wot Batu : Wisata Batu Unik dengan Cara Nyentrik


“Sebelum kita mengelilingi Wot Batu ini, kita harus pastikan semua yang hadir disini sudah memiliki keseimbangan yang kuat” begitu penjelasan yang disampaikan oleh tour guide Wot Batu dengan nada semangatnya yang berapi-api. Seorang bapak dipanggil ke depan ruangan untuk diuji
keseimbangannya melalui kekuatan lengannya, ia gagal menahan kekuatan tangan sang instruktur. Kemudian ia panggil istri dari bapak tersebut untuk memberikan dukungan sampai akhirnya bapak tersebut kuat menahan dorongan tangan si instruktur. Inilah salah satu adegan dari tour pemanduan wisata yang saya alami saat berkunjung ke Wot batu minggu lalu. Mereka menamainya Indonesia Ancient Healing Wisdom yang merupakan satu paket wisata spiritual unik, yang menjadi andalan dari tempat wisatanya ini.
Lokasi dari Wot Batu ini terletak tepat di seberang Selasar Sunaryo, yang jug
a dimiliki oleh Pak Sunaryo, seorang seniman ternama yang telah menghasilkan banyak karya luar biasa, seperti Monumen Perjuangan dan Monumen Bandung Lautan Api di Tegallega  Satu kesan yang saya tangkap ketika bertandang ke WOT Batu untuk pertama kalinya adalah, “Luar Biasa!!”. Saat itu hujan turun tidak terlalu deras, namun cukup dingin sehingga membuat udara sedikit berkabut. Berbagai potongan instalasi batu layaknya stone henge di area WOT Batu ini langsung menjadi perhatian saya, tak lupa sebuah pemandangan menakjubkan dari Kota Bandung tersaji dalam pandangan mata ketika memandang langsung ke arah instalasi. Ornamen indah lainnya adalah sebuah dinding besar yang berdiri megah di bagian pintu masuk WOT Batu, dinding tersebut mengingatkan saya terhadap sebuah dinding labirin di film “Maze Runner”.
Di salah satu pojoknya terdapat musholla berbentuk gua, yang disebutkan mengadopsi konsep gua Hira, sebuah gua dimana Nabi Muhammad S.A.W mendapatkan wahyu untuk pertamakalinya lewat Malaikat Jibril. Tepat di arah kiblat terpasang lempengan acrylic berlafadzkan surat Al-Fatihah dan di bagian belakangnya terdapat sebuah batu yang dapat dialirkan air sebagai tempat berwudhu.

Tak jauh dari mushola sebuah ruangan bawah tanah dibangun sebagai ruangan audio visual, di dalamnya para pengunjung dapat menyaksikan sebuah visualisasi yang menampilkan bagaimana terbentuknya alam semesta.  Namun untuk dapat mengitari semua spot dalam Wot Batu, seluruh pengunjung mesti terlebih dahulu lulus ujian keseimbangan psikologis di setiap titik yang ditentukan oleh pemandu. Dengan berbagai macam bumbu penjelasan yang ditambahkan bahwa untuk mencapai keseimbangan hidup dan melewati setiap titik yang ditentukan, kita harus dapat mengiklaskan hati dan bersyukur atas apa yang kita telah dapatkan dalam kehidupan. Wisata spiritual inilah yang dimiliki Wot Batu sebagai point lebih dalam menawarkan satu konsep wisata baru di Bandung. Pengunjung datang tidak hanya untuk selfie dan berfoto saja, namun bisa mendapatkan sebuah paket wisata yang menyenangkan dan menjadi sebuah pengalaman yang didapat saat pulang nanti.

1 komentar:

Template developed by Confluent Forms LLC; more resources at BlogXpertise