Nggak Usah Ngeles! Ini 7 Alasan Kamu Mesti Rutin Cek Kesehatan Mobil!

Pernah ngalamin nyetir mobil saat pulang larut malam, lalu tiba-tiba sekonyong-konyong dan seujug-ujug mesin mobil mati di jalanan sepi nan sunyi tanpa pertanda. Mau nyari bengkel terdekat, tapi jam sudah menunjukan pukul 11 malam. Kalau udah kaya gini, kira-kira apa yang kamu lakukan? Telepon keluarga di rumah? Iya kalau masih pada bangun. Panggil mobil derek? Bisa aja sih. Tapi dipastikan doku langsung keluar banyak dari dompet.



Kalau kata peribahasa, lebih baik mencegah daripada mengobati. Daripada mesti ketiban sial ngalamin semua itu, mendingan cek kesehatan serta servis berkala  kendaraan yang sehari-harinya kita pakai. Terutama mobil, yang komponennya cukup rumit. Nah, sama halnya dengan manusia, kendaraan juga butuh perhatian dan kasih sayang, dong.


Buat sebagian besar orang yang mobilitasnya cukup tinggi dan sering membawa keluarga untuk jalan-jalan, mobil merupakan salah satu alat transportasi favorit. Nggak cuma lebih nyaman, mobil juga punya perlengkapan keselamatan yang lebih aman bagi pengemudi.  Namun yang pasti, ketika Kamu memutuskan untuk membeli mobil, itu berarti, Kamu juga harus bertanggung jawab atas hajat hidupnya, guys. Jangan cuma mau pake, begitu dapet problem teknis, langsung kelimpungan.

 


Selain karena alasan di atas, tentunya ada deretan alasan lain buat Kamu agar nggak malas untuk menjadwalkan cek kesehatan mobil secara berkala. Nah, ini dia alasannya:


 

1. Membuat Mobil Jadi Lebih Awet

 

Sekece-kecenya mobil Kamu, kalau baru dipake dua tahun udah memble, jangan dulu salahin dealer mobilnya ya! Karena bisa aja Kamu yang kurang telaten memberikannya perhatian.


Maka dari itu, merawat mobil secara rutin bakalan bikin mobil Kamu menjadi lebih awet. Karena dengan rutinnya kita mengecek kondisi mobil, maka kita bisa mencegah kerusakan berat yang mungkin terjadi, sehingga akan lebih sulit ditangani, dan bisa berdampak sangat parah.

 

Mulailah dari memeriksa oli, air radiator, tekanan ban, sampai kelistrikan yang bisa Kamu lakukan dari rumah dulu. Kalau dari pengecekan rutin mandiri Kamu menemukan hal yang nggak bisa Kamu tangani, jangan lama-lama, langsung cuss  bawa ke bengkel. 


By the way, dengan pengecekan kesehatan mobil secara mandiri juga bisa membuat Kamu lebih mengenal sang mobil kesayangan, lho. Masa iya tiap hari diajak jalan bareng, tapi nggak tau kalau ada yang nggak beres. Itu artinya sayangnya kamu cuma di bibir semata.

 

2. Menghemat Pengeluaran

 

Banyak pemilik mobil mengabaikan perawatan rutin karena alasan biaya. Padahal, kalau kita melakukan perawatan mobil secara rutin, biaya yang harus kamu keluarkan justru bisa lebih kecil. Itu karena, perawatan berkala bisa mencegah kerusakan berat yang dapat berdampak ke biaya perbaikan yang pasti nggak sedikit, coy! Semakin parah kerusakannya, semakin tinggi pula biaya servisnya.


Ketika teknisi bengkel menemukan bagian yang tidak berjalan dengan baik, Kamu bisa meminta untuk segera memperbaiki, atau juga menggantinya.

 

Servis secara berkala juga bisa mencegah malfungsi komponen dan biaya nggak terduga. Saat Kamu akan bepergian jarak jauh atau dekat, ada baiknya jika mengecek terlebih dahulu komponen-komponen kecil di dalam mobil, selain untuk memastikan keselamatan, juga bisa menjadi bahan perhitungan Kamu jika terjadi sesuatu hal ke depannya, dan menghindari biaya nggak terduga.

 

3. Meningkatkan Performa Mobil

 

Pengecekan kondisi mesin dan komponen mobil lainnya dapat meningkatkan performa kendaraan kamu. Kok bisa? Jadi gini, coy. Ketika kita rutin mengecek kondisi mobil secara mandiri atau melalui bengkel, kita dapat mengenali bagian-bagian yang performanya semakin menurun karena usia kendaraan yang semakin bertambah. 


Kalau kita sudah tau bagian-bagian yang mungkin dapat berdampak pada performa mobil saat ini, kita bisa langsung melakukan tindakan cepat, sehingga bisa menjaga performa mobil tetap sehat, atau bisa juga meminta staff bengkel untuk memberi servis lebih yang bisa meningkatkan performa pada bagian yang bermasalah.


Know your problem, berarti juga know your solution.

 

4. Berkendara Lebih Aman

Dalam sebuah perjalanan, hal paling mahal itu bukan bahan bakar atau biaya parkirnya, tapi keamanan dan kenyamanan.


Pulang dengan selamat, menjadi hal paling bernilai dari sebuah perjalanan. Juga bagi yang tersayang yang menunggumu di rumah, atau menunggu chat darimu yang berisikan "Aku sudah di rumah ya". 


Kamu bisa saja sangat piawai dalam berkendara, bahkan drifting ala Dominic Toretto sudah khatam kamu lakukan. Tapi itu nggak cukup menjamin keselamatan kamu di perjalanan, lho.


Karena faktor tidak primanya kondisi mobil yang kamu pakai, bisa juga menjadi sekian persen faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan saat berkendara. Seperti komponen kelistrikan yang bermasalah, atau mungkin rem yang sudah loose.


Pastikan saat membawa mobil kesayanganmu ke bengkel untuk servis, kamu memberitahukan segala hal tak nyaman yang kamu rasakan saat berkendara. Tak lupa, selalu mintalah saran terbaik untuk membereskan masalah yang terjadi.



5. Mengurangi Risiko Mogok

 

Ada banyak hal yang bisa memicu mobil mogok secara tiba-tiba. Misalnya, karena daya baterai aki yang tidak mencukupi, sistem pengisian yang nggak normal, pelat kopling yang habis, atau puluhan faktor lainnya.


Inilah alasan penting untuk melakukan perawatan mobil secara rutin juga ke bengkel, selain melakukan pengecekan mandiri. Karena ada hal-hal yang mungkin sulit terjangkau oleh pengetahuan dan kemampuan kita sebagai pengguna awam. Kamu bisa melakukan pengecekan dasar harian di rumah, tapi give the rest to the best! Dengan peralatan lengkap dan skill yang lebih mumpuni, mekanik bisa memeriksa bagian-bagian mobil secara menyeluruh dari A sampai Z.


Penanganan tepat, mobil pun sehat. Say goodbye to momen-momen pusing berat ketika mogok membuat segala agenda penting Kamu menjadi terhambat.

 

6. Memastikan Efisiensi Bahan Bakar

"Emang kalau mobil rutin dirawat, bisa bikin bahan bakar hemat?". Bisa dong, coy!


Sama halnya seperti manusia. Kalau ada bagian dari kaki yang sakit dan keseleo seperti tumit atau lutut, aktivitas berjalan kaki kita akan terhambat bukan? Kita juga akan lebih mudah lelah saat berjalan, karena ada energi lebih yang harus dihabiskan untuk memaksa kita bisa tetap berjalan.


Begitu pun yang terjadi dengan mobil. Rem yang macet atau bearing roda yang rusak, bisa saja menjadi faktor yang membuat bahan bakar lebih boros saat melakukan perjalanan. Tentunya dua hal ini hanya beberapa dari banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi aktivitas berkendara.


Bila semua komponen berjalan dengan maksimal, maka bisa dipastikan bahan bakar pun dapat diefisiensikan secara optimal.


7. Mengurangi Polusi

 

Pernah nggak sih, Kamu berkendara tepat di belakang kendaraan yang asapnya mengepul hitam tebal? Sudah berbau tajam, merusak pemandangan pula. Ini tandanya, kendaraan di depan Kamu sedang sakit nih. Ibarat manusia, dia ini lagi batuk berat dan sesak nafas nih, coy!


Kalau udah tau betenya menyetir mobil di belakang kendaraan "sakit" semacam itu, pastinya Kamu juga nggak mau hal itu terjadi pada mobil tercinta. Sekali lagi, servis rutin lah solusinya. Mobil yang sehat secara komponen dan performa, bisa mengurangi keluarnya gas karbon dioksida dan karbon monoksida secara drastis. 


Keluarnya gas karbon secara berlebih ini merupakan hasil pembakaran tidak sempurna dari bahan bakar bensin maupun bahan bakar lainnya pada setiap kendaraan. Makanya, kalau sampai mobil sudah mengeluarkan karbon monoksida terlalu banyak, ini artinya ada yang nggak beres nih sama mobil kamu. 


Ini dia 7 alasan kenapa Kamu harus rutin memeriksakan kesehatan mobil. Penting kan? Selain menjaga kualitas mobil, Kamu bisa mempertahankan juga nilai jualnya kembali agar harganya tidak terjun bebas karena kondisi yang tidak baik.

 

Aplikasi Lengkap yang Bikin Servis Mobil Jadi Lebih Gampang


Kalau soal rekomendasi tempat servis, ada satu solusi nih yang bisa bikin agenda servis mobil kamu jadi lebih gampang, dan dijamin effortless. Kamu cukup mengunduh Otoklix via smartphone.


Otoklix ini adalah aplikasi yang punya solusi bagi para pemilik mobil ataupun pengusaha transportasi yang mencari layanan otomotif dengan harga yang terjangkau dan transparan. Selain itu, Otoklix juga menyediakan solusi bagi pemilik bengkel dan pemilik armada transparansi dan efisiensi dalam biaya pengadaan untuk suku cadang kendaraan. Kunjungan servis kamu pun bisa menjadi lebih praktis, karena Otoklix punya fitur early booking. 

 

Nggak cuma fiturnya yang bikin gampang, Otoklix juga memiliki jasa konsultasi dengan service advisor untuk mendapatkan layanan sesuai kebutuhan. Ditambah, garansi servis di Otoklix yang bisa sampai satu bulan atau per 1000 Kilometer, lho. Beda banget kan dengan servis di bengkel biasa yang biasanya cuma satu minggu saja. 


Sampai saat ini, Otoklix sudah melayani perawatan hingga lebih dari 55.000 unit mobil, lewat 50 mitra resmi Otoklix, serta ratusan bengkel di area Jabodetabek. Kalau dihitung, Kamu bisa menghemat pengeluaran sampai 30% dari bengkel resmi mobil reguler Kamu.


Cuma lewat satu aplikasi ini, Kamu bisa kasih pelayanan terbaik buat si kesayangan. Nggak pake ribet, nggak pake ngaret. Hanya dengan beberapa klik, Kamu juga sudah bisa mengetahui estimasi biaya pengerjaan perbaikan mobil, tanpa ada biaya tambahan tersembunyi. Dijamin 100%! Seluruh servis pun, akan selalu tercatat via Otoklix.


Penasaran gimana Otoklix bisa ngebantu kamu nyari tempat servis lebih mudah dan murah, langsung cuss download Otoklix di HP kamu sekarang juga, atau bisa mampir dulu ke www.otoklix.com lewat browser kamu.








0 komentar:

Posting Komentar